Unik, Rekor Pemain Termuda Euro 2020 Bisa Dipecahkan Dua Kali

0
131
Unik, Rekor Pemain Termuda Euro 2020 Bisa Dipecahkan Dua Kali
Kacper Kozlowski Berpotensi Menggeser Jude Bellingham Sebagai Pemain Termuda Euro 2020. (Image Credit: Getty Image)

Belum genap satu pekan digelar, Euro 2020 sudah menyajikan banyak peristiwa hingga rekor-rekor baru yang tercipta. Salah satunya adalah setiap rekor pemain termuda di Euro yang baru saja dipecahkan oleh punggawa timnas Inggris, Jude Bellingham. Namun, tahukah Anda, jika rekor milik Jude tersebut masih berpotensi dipecahkan lagi oleh pemain lain?

Jude Bellingham memecahkan rekor saat Inggris menghadapi Kroasia, hari Minggu (13/07) kemarin. Masuk pada menit ke-82 menggantikan Harry Kane, Jude resmi sebagai pemain termuda yang pernah bermain di putaran utama Euro, di usianya yang masih 17 tahun 349 hari.

Namun, rekor pemain Borussia Dortmund ini bisa saja tergeser, apabila pemain timnas Polandia yang berposisi sebagai gelandang, Kacper Kozlowski bermain. Kacper Kozlowski bisa jadi pemain termuda bila melakukan debut, karena usianya lebih muda 4 bulan dari Bellingham. Sayang, pada laga perdana timnas Polandia melawan Slovakia (Senin, 14 Juni 2021), Kacper Kozlowski urung tampil.

Meski demikian, Kacper masih bisa merebut tahta pemain termuda Euro 2020 apabila dimainkan saat melawan Spanyol pada laga pamungkas grup E (Minggu, 20 Juni 2021). Kacper sendiri lahir pada tanggal 16 Oktober 2003 di Koszalin, Polandia. Saat ini ia bermain untuk klub Pogon Szczecin.

Selain Jude Bellingham dan Kacper Kozlowski, berikut deretan rekor-rekor pemain termuda yang pernah tercipta pada gelaran Euro.

Jose Angel Iribar (Kiper Termuda)

Jose Angel Iribar
Jose Angel Iribar. (foto: Instagram/@athletic.clubfans_1898)

Untuk gelar kiper termuda masih dipegang oleh kiper asal Spanyol, Jose Angel Iribar. Iribar memegang rekor kiper termuda di usia 21 tahun 108 hari. Gelar kiper termuda itu dipecahkan di ajang Euro 1964 dan masih bertahan hingga saat ini.

Dilansir dari uefa.com, tak hanya sampai di situ, Iribar masih jadi satu-satunya kiper yang bisa menjuari Euro di tahun yang sama dengan ketika dia melakukan debut.

Johan Vonlanthen (Pencetak Gol Termuda)

Johan Vonlanthen
Johan Vonlanthen. (foto: Instagram/@johanvonlanthen)

Pada Euro 2004 rekor pencetak gol termuda dipecahkan dua kali hanya dalam kurun waktu empat hari saja. Rekor pertama dipecahkan oleh legenda timnas Inggris, Wayne Rooney.

Dilansir dari uefa.com, namun rekor itu hanya bertahan empat hari, setelah gelandang asal Swiss, Johan Vonlanthen mencetak gol di usia 18 tahun 141 hari. Gol itu dia ciptakan kala Swiss kalah dengan skor 3-1 dari timnas Prancis.

Renato Sanches (Pemain Termuda yang Mampu Tampil di Partai Final)

Renato Sanches
Renato Sanches. (Foto: Getty Images)

Dilansir dari uefa.com, Euro 2016 adalah momen paling indah bagi timnas Portugal, karena Portugal berhasil menjuarai ajang ini meski bukan termasuk tim unggulan juara pada saat itu. Momen manis ini juga jadi sangat indah bagi Cristiano Ronaldo, karena akhirnya bisa mempersembahkan gelar bergengsi pertama bagi negaranya.

Selain Ronaldo, ada pemain Portugal lain juga yang bahagia, yaitu Renato Sanches yang memecahkan rekor pemain termuda yang penah tampil di partai final Euro, pada usianya yang masih 18 tahun 328 hari.

Tak hanya sampai di situ, momen manis itu semakin lengkap karena dia bisa membantu Portugal untuk menjadi juara, setelah mengalahkan Prancis pada kala itu dan ia menjadi pemain termuda terbaik pada Euro 2016 versi UEFA.

Pietro Anastasi (Pencetak Gol Termuda di Final Euro)

Pietro Anastasi
Pietro Anastasi. (foto: Instagram/@nostalgia_italia)

Pada partai puncak Euro 1968, Italia menjadi juara setelah mengalahkan musuhnya, Yugoslavia dengan skor 2-0. Salah satu dari dua gol itu dicetak oleh pemain muda, Pietro Anastasi.

Dilansir dari uefa.com, gol itu teramat spesial bagi Anastasi, karena berhasil menjadikan dia pemain termuda yang mencetak gol di partai final Euro, di usia 20 tahun 63 hari. Hingga kini rekor itu masih bertahan dan belum ada pemain lain yang memecahkannya.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments