Rahasia Pukulan Smash Tajam di Bulutangkis Untuk Mengalahkan Lawan

0
3061
Ilustrasi: Pukulan Smash

Pemain bulutangkis harus menguasai satu teknik untuk mengalahkan lawan. Pada umumnya lawan akan kalah pada saat pemain melakukan teknik pukulan smash. Maka itu, disebut pukulan menyerang karena pukulan smash sering dipakai mematikan lawan. Lawan akan sulit melakukan balasan pukulan smash, bila Anda menguasai rahasia smash yang tajam ke lawan.

Berikut beberapa rahasia latihan pukulan smash tajam menukik ke lawan yang bisa Anda lakukan, :

  • Latihan Pergelangan Tangan

Salah satu cara yang cukup ampuh dalam membuat lawan anda tak bisa berkutik adalah dengan lakukan permainan pergelangan tangan. Anda akan bisa melakukan pukulan smash hebat sampai tidak bisa dihalau oleh lawan dan juga bisa meningkatkan performa Anda dalam menggerakkan pergelangan tangan. Dalam memegang raket usahakan rileks karena tegangan otot tangan akan mempengaruhi kecepatan dan akurasi. Kalau terlalu menggunakan banyak tenaga di awal permainan, tenaga yang Anda pun butuhkan untuk melakukan smash otomatis akan kendor atau berkurang.

Selain itu, pergelangan tangan juga bisa digunakan untuk menambah tenaga. Jangan mengandalkan pundak dan lengan atas karena kedua bagian ini tidak akan bisa menciptakan pukulan secepat pergelangan tangan. Intinya, tidak butuh otot besar dan kuat untuk melakukan smash tajam. Penggunaan pergelangan tangan juga berguna untuk membuat shuttlecock menukik seperti peluru.

  • Latihan Otot Sendi

Sebagai seorang pemain bulutangkis, Anda harus banyak melakukan kelentukan otot-otot sendi. Karena terkadang otot sendi yang terlalu tegang akan memperlambat gerakan tubuh (kaku) dan menghambat Anda melakukan smash yang kuat. Sedangkan, Untuk pukulan smash yang kuat diperlukan suatu tenaga yang  khusus difokuskan untuk teknik ini. Otot harus dalam keadaan siap dan dinamis untuk mengeluarkan ledakan energi yang cukup, agar smash yang Anda lakukan bisa sangat keras mematikan lawan.

  • Latihan Fisik

Latihan fisik dalam mempertajam pukulan smash adalah Adu kecepatan Anda dengan shuttlecock. Anda harus berkomitmen untuk melatih fisik kamu. Fisik dilatih agar nantinya kecepatan berlari serta kelincahan baik.

Related :  Fokus Pemulihan Cedera Pinggang, Juara Dunia Junior 2017 Gregoria Mariska Tunjung Batal ke SaarLorLux Open 2018 Jerman

Fisik Anda harus adu cepat dengan shuttlecock (kok), memprediksikan dan mengobservasi jalur terbang shuttlecock sebelum menyentuh tanah. Ketika sudah mengunci posisi tersebut, segera cepat beralih langkah dan posisikan diri Anda beberapa langkah di belakang shuttlecock. Setelah tepat berada di belakang, Anda harus berlari ke depan (arah shuttlecock) dan bersiap untuk melakukan smash. Dengan begitu Anda bisa mengancang-ancang dengan mendapatkan tenaga secara alami untuk mendorong shuttlecock  lebih kuat ke arah lawan.

Selanjutnya, ini teknik-teknik yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan pukulan smash yang tajam menukik dan berkualitas :

  • Perhatikan posisi pegangan raket (Grip) dengan benar. Usahakan harus tetap rileks dan penuh tenaga.
  • Pererat jari-jari tangan Anda pada saat memukul shuttlecock  untuk menambah ledakan dan mempercepat laju kepala raket.
  • Gunakan tenaga pergelangan tangan semaksimal mungkin dengan cepat pada saat memukul kok.
  • Bergerak cepat untuk mengambil posisi yang tepat untuk melakukan pukulan. Pada saat pukulan diarahkan, ingat, kontak poin harus tinggi dan juga berada di depan badan si pemain.
  • Sikap badan harus tetap lincah dan lentur, kedua lutut bersiaga, serta mata tetap berkonsentrasi pada shuttlecock.
  • Carilah waktu yang tepat untuk melakukan pukulan.
  • Raket dan shuttlecock harus seperti berada di atas kepala dengan cara meluruskan lengan untuk menjangkau shuttlecock setinggi mungkin.
  • Ayunkan lengan dengan bayangan melakukan seperempat lingkaran. Gerakan ini mirip dengan gaya mencambuk.
Related :  Asian Games 2018 - Day 3

Untuk bisa melakukan teknik latihan pukulan smash yang tajam, dibutuhkan juga semangat mempraktekkan secara nyata cara-cara diatas ke dalam permainan bulutangkis Anda. Maka dari itu, ayo praktekkan dan semoga smash Anda berhasil!

 

 

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of